Senin, 17 Oktober 2011

Meraih Dukungan Emosional di Kantor

   

   Siapa yang tidak ingin bekerja di lingkungan kantor yang bersahabat? Ternyata, hal ini juga punya dampak positif bagi kesehatan jangka panjang Anda, lho! Menurut Dr Sharon Toker dari Department of Organizational Behavior, TAU's Leon Recanati Graduate School of Business Administration, karyawan yang menganggap dirinya mendapat dukungan personal dari teman-teman kerjanya punya kesempatan untuk hidup lebih lama."Perlu diingat, kita menghabiskan kebanyakan waktu di tempat kerja. Seringkali, kita malah tidak punya waktu untuk bertemu teman-teman lainnya selama hari kerja," jelas Dr Toker.

   Untuk mendapatkan manfaat ini secara maksimal, Anda perlu ikut berusaha menciptakan lingkungan kerja yang kondusif. Bagaimana caranya? Berikut hal-hal yang menurut Dr Toker dapat Anda lakukan bersama dengan rekan-rekan kerja:

1. Lebih banyak bertatap muka daripada berkomunikasi melalui e-mail. Bila ada hal-hal yang bisa dibicarakan dengan rekan kerja, mengapa tidak mendatangi mejanya ketimbang menggunakan e-mail? Misalnya, saat mengajak makan siang bersama atau sekadar menanyakan kapan waktu kosong mereka untuk mengadakan rapat. 

2. Adakan acara outing informal bersama teman-teman satu divisi. Misalnya, menghabiskan akhir minggu bersama-sama dengan menginap di vila yang terletak di luar kota.
3. Menciptakan program asistensi, yang memungkinkan Anda membantu pekerjaan rekan lainnya dan sebaliknya. Dengan menyelesaikan pekerjaan bersama-sama, tentunya Anda akan lebih terhindar dari deraan stres.

   Peneliti menemukan, pekerja yang memiliki dukungan sosial yang rendah, atau bisa dikatakan kurang bergaul, risiko kematiannya lebih besar 2,4 kali dibandingkan dengan pekerja yang banyak bergaul.

   Penelitian lain juga dilakukan dengan melihat catatan kesehatan 820 pekerja dewasa, usia 25-65 tahun. Mereka bekerja rata-rata 8,8 jam per hari dengan berbagai faktor risiko psikologis dan kondisi fisik. Pekerjaan mereka juga bervariasi, ada yang dari perusahaan keuangan, pelayanan kesehatan, dan manufaktur.

   Menurut penelitian, kurangnya dukungan emosional di kantor, memicu pekerja mengalami kenaikan risiko kematian sebesar 140 persen, dalam 20 tahun mendatang. Hal ini dibandingkan dengan pada para pekerja yang mendapat banyak dukungan sosial di tempat kerjanya.

   Ia menambahkan, penelitian ini juga mengungkap kalau dukungan emosional menjadi indikator penting dalam hal kondisi kesehatan di masa mendatang.

   Saran lain, pentingnya coffee corner, tempat para pekerja bisa duduk santai sambil mengobrol. Ini bisa menjadi ruang untuk membangun kedekatan hubungan atau setidaknya mengenal satu sama lain. Atau, dibuat informal social outing dan family gathering secara teratur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar