Senin, 24 Oktober 2011

Acara Sadar Kanker Payudara

  Menteri Negara Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Linda Amalia Sari Gumelar sempat terguncang saat dirinya divonis dokter menderita kanker payudara 15 tahun lalu.

   “Ini penyakit yang sangat ditakuti perempuan, tetapi justru di Indonesia, penderita kanker payudara terhitung banyak,” ujar Linda Gumelar saat memimpin kampanye simpatik deteksi dini kanker payudara di Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu.
Linda bersyukur dirinya sudah dinyatakan sembuh total. ”Saya kembali segar dan sehat,” ujarnya.

   Wakil Ketua YKPJ, Ning Anhar mengatakan, kanker payudara tidak lantas berujung kematian dan kehilangan payudara. “Mereka yang diketahui kankernya pada stadium awal mempunyai peluang hidup lebih besar,” terangnya.

   Kehilangan payudara juga merupakan kekhawatiran besar lantaran kerap membuat perempuan merasa tidak sempurna lagi sehingga dukungan keluarga, termasuk pendamping hidup, sangat diperlukan.

   Di dunia, jumlah penderita kanker payudara baru sekitar 1.050.000 kasus. Di Indonesia, kanker payudara dan leher rahim merupakan dua kanker terbanyak penderitanya. Berdasarkan data Sistem Informasi Rumah Sakit 2007, kanker payudara menempati urutan pertama di Indonesia (21,69 persen).

   Gejala awal kanker payudara dapat berupa benjolan yang biasanya dirasakan berbeda dari jaringan payudara di sekitarnya. Tidak menimbulkan rasa nyeri, dan biasanya memiliki pinggiran tidak teratur. Tanda lain yang mungkin timbul adalah benjolan di ketiak, perubahan ukuran atau bentuk payudara, keluar cairan yang abnormal dari puting susu, dan perubahan warna atau tekstur kulit payudara.

   Untuk menyemangati para penderita kanker payudara, maka di bulan Oktober diperingati sebagai bulan kesadaran kanker payudara, mendukung peningkatan kesadaran akan kanker payudara ini, General Electric Indonesia menggelar kegiatan "Bulan Kesadaran Kanker Payudara" dengan menggelar jalan bersama di Jakarta, Minggu (16/10).

   Sebagai simbolisasi peduli kanker payudara, diadakan juga foto bersama membentuk formasi Pita Pink yang merupakan simbol kampanye kesadaran kanker payudara.

 

   Jalan bersama denga tema 'healthymagination Walk' juga dilaksanakan di Yogyakarta.

  Kegiatan jalan bersama di Jakarta diadakan bertepatan dengan car free day, dengan melibatkan keluarga besar karyawan GE.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar