Senin, 17 Oktober 2011

Irfan Mangkir dari Timnas U-23


 
   Manajer Tim Nasional Indonesia U-23 Roso Daras mengatakan, manajemen timnas sudah memberikan kelonggaran kepada striker Irfan Bachdim untuk absen dalam latihan tim jelang SEA Games 2011. Namun, Irfan tetap tak mau datang ke tempat latihan berikutnya sehingga hal ini berujung berujung pencoretan nama pemain Persema Malang tersebut.

   Roso mengatakan, ia sudah minta Irfan untuk bergabung dengan timnas U-23 sehari setelah ia membela timnas senior melawan Qatar, Selasa (11/10/2011). Roso menuturkan, Irfan memang sempat meminta izin untuk tidak hadir dalam latihan timnas U-23 dengan alasan istrinya sedang sakit. Manajemen timnas pun sudah memberikan toleransi kepada Irfan.

   Namun, setelah dipanggil untuk kedua kali, Irfan tetap tidak datang. Pelatih Timnas U-23 Rahmad Darmawan memutuskan tidak akan memanggil Irfan lagi setelah Irfan kembali mangkir dalam laga uji coba melawan Persiba Bantul di Stadion Gelora Bung Karno, Minggu (16/10/2011) malam.

   "Kita sudah panggil lewat manajemen klub, tanggal 12 Oktober lalu. Tetapi setelah ditunggu, dia tidak datang. Akhirnya coach RD minta bantuan sama coach Timo (Scheunemann, mantan pelatih Persema). Setelah ditelepon Timo, Bachdim baru menghubungi Rahmad Darmawan," kata Roso kepada wartawan, Senin (17/10/2011).
"Dia sempat bilang ke coach RD, 'Kalau coach jadi saya, mana yang lebih penting keluarga atau dengan sepak bola?' Ketika coach RD menunjukkan SMS Bachdim kepada saya, saya bilang, 'Coach yang putuskan,'" kata Roso.

   Roso sendiri menyatakan, dirinya mendukung penuh keputusan RD yang mencoret nama Irfan dari skuad yang akan ia mainkan di SEA Games nanti. "Karena menurut saya dia yang paling tahu situasi dan konsekuensinya," ujarnya.

   Roso menegaskan, pihaknya sudah tak lagi berurusan dengan Irfan. Untuk itu, ia tak ikut campur jika akhirnya Komisi Disiplin PSSI memanggil Irfan. "Kalau Komdis mau manggil, silakan, itu kewenangan PSSI," ujar Roso.

    Lalu akhirnya Irfan Bachdim menanggapi keputusan Pelatih Timnas Indonesia U-23, Rahmad Darmawan (RD), yang mencoretnya dari skuad SEA Games 2011. Ia berkilah tidak pernah mendapat panggilan untuk bergabung dengan Timnas U-23.

    Irfan minggat dari pelatnas Timnas U-23 sejak Rabu 12 Oktober 2011, dan RD mengungkapkan hal ini kepada media pada Jumat 12 Oktober 2011. Striker Persema Malang itu mengaku ada kesalahan komunikasi yang menyebabkan dirinya tak bergabung dengan Titus Bonai dan kawan-kawan.

   "Saya membaca di surat kabar bahwa saya dinyatakan melarikan diri dari Timnas U-23. ITU TIDAK BENAR, saya ingin sekali membela negara ini, hanya saja terjadi komunikasi yang kurang baik. Setelah mendengar hal ini, saya langsung menghubungi pelatih."

    RD sempat memberi kesempatan kepada Irfan untuk bergabung dengan skuad Timnas U-23 paling lambat kemarin, Minggu 16 Oktober 2011. Namun, pemain keturunan Belanda itu tidak bisa memenuhi keinginan RD. Mantan pelatih Persija Jakarta itu menegaskan Irfan baru bisa bergabung dengan timnya pada 23 Oktober mendatang.

   Meski sudah dicoret oleh RD, Irfan masih berharap bisa membela Timnas U-23 di SEA Games mendatang


Tidak ada komentar:

Posting Komentar