Sabtu, 30 April 2011

Air mata seorang wanita

    Wanita dan tangis memang tidak terpisahkan. Air mata wanita bahkan sering menjadi inspirasi bagi seniman dalam berkarya.Tapi para ilmuwan berpendapat, menagis itu ternyata perlu dan menyehatkan.

     Kenapa?
Menangis memang cara alami yang mudah, murah, dan dapat dilakukan dimana saja ketika kita sedih atau dirundung masalah. Usai  banjir air mata,  biasanyanya anda merasa menjadi lega. Terbebas dari himpitan stres, kemarahan dan kesedihan. Walaupun mata basah, suara serak, namun anda merasa lebih segar dan kuat.

     Menurut para ilmuwan, kondisi ini sangat biologis.Dr Bill Frey, Kepala Penelitian di Dry Eye and Tear Research, Minnesota, AS mengungkap  dalam airmata  terkandung 2 jenis hormon stres yaitu prolactin dan ACTH. Ketika anda stress kadar hormon itu dalam darah meningkat,sehingga harus dikelurkan. Selain itu menangis juga memicu keluarnya endorfin, hormon yang membuat kita merasa nyaman. Tak heran jika setelah menangis kita merasa lebih tenang dan lega.

Apa saja yang memincu wanita menangis ?

1. Kehilangan orang yang disayanginya
    Menangis kehilangan orang yang anda sayangi sangatlah wajar. Kehilangan orang yang dekat dengan kita dikarenakan kematian atau perpisahan. Orang terdekat disini bisa berarti orang tua, suami atau istri, anak, keluarga, pacar, sahabat atau teman. Bahkan kitapun akan menagis jika kita kehilangan binatang atau benda kesayangan kita. Kesedihan yang dalam kadang membuat kita depresi dan menangis adalah cara alami untuk menyalurkan kesedihan yang ditimbulkan, sampai akhirnya secara perlahan kita bisa menerima kenyataan tersebut.

     Kehilangan orang yang kita cintai bagaikan naik roller coaster. Meskipun kita sudah melupakannya, seseorang tidak akan bisa benar benar kembali seperti keadaan semula. Kadang kesedihan itu akan hilang timbul kembali..biarkan anda menagisinya, walaupun kejadian itu sudah lama berlalu. Terapi ini membantu anda menyadari bahwa seorang manusia tidak bisa memiliki manusia lainnya. Banyak takdir atau penyebab lainnya yang membuat anda untuk berpisah dan tidak dapat memilikinya.


2. Amarah yang terpendam
    Masih banyak wanita yang terkukung aturan budaya yang tidak menginzinkan wanita untuk marah marah apalagi menuntut haknya. Tak heran pada akhirnya banyak wanita yang merasa haknya diinjak injak. Secara naluri wanita  sering kali melindungi dirinya, lebih banyak diam dikarenakan menghindari  pertengkaran  dan menyimpan kemarahannya. Menahan perasaannya,  demi menjaga hubungan yang harmonis dengan pasangannya, sahabatnya, orangtuanya ,  teman temanya atau relasi bisnisnya. Dan memilih menagis untuk mengungkapkan kemarahan dan kekesalan anda. Pakar psikologi Wilfitri  berpendapat, ” Sebaiknya hentikan tangisan anda dan  keluarkan amarah anda. Tentunya dengan cara yang tepat” .

     Jika anda belum terbiasa, latihlah dengan mengungkapkan apa yang ada rasa secara baik baik dan sederhana. Atau sampaikan keluhan anda dalam bentuk tulisan, email, sms atau media lainnya yang pada akhirnya dapat menggatikan tangisan anda dengan bentuk kemarahan yang lebih bijak.


 3. Mempunyai problem yang berat
     Kebanyakan wanita akan menagis jika menghadapi masalah yang berat. Entah itu masalah percintaan, polemik rumahtangganya, kesulitan keuangan, atau hubungan sosialnya dengan orang lain. Tidak berati bahwa wanita tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah, akan tetapi wanita membutuhkan rasa nyaman, suatu dukungan dari suaminya, sahabatnya, atau orang orang terdekatnya dalam mensupportnya ketika menyelesaikam masalah itu. Memberi dukungan dan rasa percaya diri bahwa anda mampu menyelesaikan masalah tersebut. Ketakutan yang membuat anda menangis dan kurang percaya diri.

       Menangis bukanlah solusi yang baik, yang perlu anda lakukan adalah mengatasi rasa takut itu. Ketika anda menemui kegagalan, segeralah bangkit dan terus maju. Teruslah berusaha  berusaha dan hingga masalah terselesaikan. Usap air mata anda dan ubah pola pikir anda : Always do the best, and god will take care of the rest.


4. Keinginan yang tidak tercapai.
    Seringkali wanita menagis ketika suatu keinginan atau pengharapan tidak tercapai. Saat itu wanita tidak dapat berfikir lagi dengan logis. Yang dilakukannya lebih banyak mengeluh dan berandai andai. Berharap semua keinginannya bisa tercapai meski dengan segala cara.
 
      Wanita kadang kala menggunakan senjata air matanya untuk merayu atau mengabulkan sebuah keinginan pada lawan jenisnya atau keluarga dan teman temannya.Dengan menangis dan air mata yang berderai..kadang wanita berharap timbulnya rasa iba dan terkabulnya semua keinginan.

       Tentunya tidak semua wanita berlaku seperti itu dan tindakan semacam tadi haruslah dihindari. Kebiasaan ini membuat anda terlihat manipulatif. Membuat anda tidak dapat dipercaya dan menyebalkan. Ketika tangisan diigunakan sebagai senjata dalam meraih keinginan yang tidak tercapai justru menunjukan bahwa wanita tersebut terlihat tidak dewasa.Walaupun pria kadang luluh dengan cara ini, harus diingat bahwa mereka adalah mahluk rasional.Masih banyak cara lain yang dapat digunakan  dengan pro dan kontranya tapi masalah bisa selesai dengan penjelasan logis yang dapat diterima oleh akal sehat.


5.  Tertimpa Musibah
     Saat tertimpa musibah, reaksi pertama yang dilakukan wanita adalah menangis.Tertimpa musibah disini berbagai macam bentuknya, seperti  bencana alam, kehilangan harta benda, diuji dengan suatu penyakit dan lain sebagainya. Menangislah sepuasnya. Biarlah semua kekecewaan anda keluar dan tawar menawarlah pada Tuhan.

      Jika anda butuh waktu untuk sendiri, lakukanlah. Saat anda merasa lebih tenang, tanyakan pada diri anda apa yang akan anda lakukan. Dengarkan kata hati anda dan susunlah rencana kembali. Yakinlah diri bahwa anda masih bisa bangkit dan mengejar cita cita dan harapan anda. Dalam kehidupan, krikil problema akan selalu menghalagi langkah kita.Tapi tetap semangat dan berusaha.

      Tentunya masih banyak contoh lainnya yang membuat wanita menagis, ketika emosinya tersentuh oleh sebuah syair lagu dan pertujukan film, saat bahagia ketika mendapat hadiah, ketika anak sakit, ketika suami mendua dan masih banyak contoh penyebab wanita menangis yang lainnya.

      Menagis tidaklah dilarang, justru dianjurkan jika dilakukan dalam porsi yang wajar. Menangis tidak hanya menyembuhkan luka, menangis juga bisa memotivasi kita untuk bangkit kembali dalam menata kehidupan.Menagis tidak berarti cengeng.Menagis terapi sederhana dalam menyelesaikan masalah. Membuang segala gundah dan setelah itu kita dapat berpikir secara logis dan rsional. Selain itu, Studi baru di Israel mendapati bahwa air mata perempuan berpengaruh secara fisik dan psikologis pada laki-laki. Para ilmuwan yang terlibat dalam studi tersebut mengatakan mereka heran bahwa air mata perempuan menurunkan nafsu seksual laki-laki. Sebagian perempuan di Washington juga heran dengan temuan itu.

       Air mata perempuan tidak hanya mengilhami kisah cinta di Hollywood, Mamie Parker mengatakan ia mengalami sendiri apa yang bisa dilakukan oleh air matanya kepada laki-laki. Mamie mengatakan, “Jika saya menangis, mereka sepertinya bersikap lebih sayang atau ingin merangkul dan dalam beberapa kasus, lebih seksi.”

        Tetapi studi baru-baru ini justru menemukan berbeda sekali yang terjadi jika laki-laki berada begitu dekatnya sampai bisa mencium air mata perempuan. Menurut Idan Fruimen, “Bagian yang paling mengherankan adalah air mata bisa mengurangi rangsangan seksual, mungkin intuitif, tetapi ini benar-benar mengherankan kami.”

         Dalam wawancara dengan VOA melalui Skype, periset Idan Fruimen pada Institut Ilmu Pengetahuan Weizmann di Israel mengatakan ia dan rekan-rekannya mendapati bahwa setelah tercium air mata perempuan, tingkat hormon testosterone laki-laki turun 10 sampai 15 persen.
Idan menjelaskan, “Kita menggunakan semacam komunikasi kimia, kemungkinan melalui hidung kita.”

         Periset Yaara Yeshurun adalah seorang diantara enam perempuan yang menyumbangkan air matanya untuk studi ini dengan menonton Terms of Endearment dan film-film sedih lainnya. Ia mengatakan pengaruh air mata perempuan pada laki-laki mungkin merupakan suatu cara lain untuk menurunkan testosteron sebagai pengobatan kanker prostat.

         Yaara mengatakan “Ini adalah cara yang sangat non-invasif.”

         Sementara itu, para ilmuwan pada Institut Weizmann mengatakan mereka juga ingin mempelajari bagaimana pengaruh zat-zat kimia dalam air mata anak-anak dan laki-laki pada orang lain. Mulai dari mantan Presiden Amerika George H.W. Bush sampai ketua DPR yang baru John Boehner, banyak orang mengatakan air mata laki-laki mungkin berbeda pengaruhnya pada perempuan.

         Beberapa orang perempuan memberikan komentar atas air mata laki-laki ini:
“Jika perempuan melihat laki-laki menangis, wanita itu akan lebih menyukai pria tersebut.”
“Saya mendapati laki-laki lebih manis karena saya akhirnya melihat sisi lembut mereka.”
“Apabila kami berdekatan dan tahu ada perasaan semacam itu, membuat hubungan lebih spesial.”

         Semua perempuan ini mengatakan air mata laki-laki cukup istimewa untuk memberi pasangan mereka ‘sex appeal’ yang lebih besar.
Hai wanita..bila dirasa perlu, jangan ragu dan malu untuk menagis.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar