Jumat, 18 November 2011

Kiat Menundukkan Rasa Takut

   Apapun yang menakutkan Anda, coba cara berikut untuk membantu menakulukan rasa takut dan menghalau ansietas.



Hadapi Rasa Takut
   Menghindari rasa takut hanya membuat Anda lebih takut. Jika suatu hari anda panik masuk ke dalam lift, paling baik kembali ke lift itu pada hari berikutnya. Berdiri di dalam lift dan merasakan rasa takut anda sampai rasa takut anda hilang. Apapun rasa takut anda, jika anda hadapi, rasa takut itu akan lenyap.

Istirahat
   Anda mustahil bila berpikir jernih ketika pikiran anda dipenuhi rasa takut atau cemas. Jantung berdetak cepat, telapak tangan berkeringat, rasa panik, dan bingung adalah akibat dari adrenalin. Jadi, hal pertama yang harus dilakukan adalah istirahat agar tenag secara fisik.

Apa Kemungkinan Terburuk yang Bisa Terjadi
   Jika anda mencemaskan sesuatu, apakah pekerjaan, hubungan, atau ujian, pikiran apa akibat teburuk yang bisa terjadi. Bahkan jika presentasi, telepon atau percakapan yang salah besar, anda akan tetap bisa hidup. Kadang, hal terburuk yang bisa terjadi adalah serangan panik.

Jangan Mengharap Sempurna
   Pemikiran perfeksionis hitam dan putih sepertinya, "Jika saya bukan ibu terbaik di dunia, hidup saya akan kacau," itu tidak realistis dan hanya membuat kita lebih gelisah. Hidup penuh dengan stres, tapi banyak di antara kita yang merasa hidup kita harus sempurna. Hari buruk dan kegagalan akan selalu terjadi dan penting untuk ingat, bahwa hidup itu kacau.

Visualisasi
   Ambil waktu untuk memejamkan mata dan membayangkan sebuah tempat yang aman dan tenang. Bisa dengan membayangkan anda jalan di pantai yang indah. Atau bayangkan meringkuk di ranjang dengan kucing anda di sebelah anda atau kenangan masa kanak-kanak yang bahagia. Biarkan perasaan positif ini menenangkan anda sampai anda merasa lebih rileks.

Bicarakan
   Menceritakan rasa takut menghilangkan banyak ketakutan. Cerita dengan pasangan, teman, atau anggota keluarga. Jika rasa takut tidak pergi juga, minta bantuan dokter. Kemungkinan dokter akan menunjuk anda untuk konseling, psikoterapi atau bantuan jasa online. 

Sambut yang Terburuk
   Menerima rasa takut membuat rasa takut lebih mudah dihadapi jika menyerang lagi kali berikutnya, sampai akhirnya jadi tidak takut lagi. Coba bayangkan hal terburuk yang dapat terjadi, mungkin itu membuat panik dan dapat serangan jantung. Llau coba bayangkan anda dapat serangan jantung. Itu mustahil terjadi.

Dapatkan Realita
   Rasa takut cenderung jauh lebih buruk dari realita. Orang yang pernah diserang sering berpikir mereka akan diserang lagi jika jalan di lorong gelap. Tapi kemungkinan mereka diserang lagi sebenarnya sangat rendah.

   Begitu juga halnya dengan orang yang kadang bilang kepada diri sendiri, mereka gagal karena wajah mereka merah jika merasa malu. Hal ini lalu membuat mereka makin kecewa. Wajah memerah di tengah situasi yang menegangkan itu normal. Dengan mengingat hal ini, rasa cemas akan hilang.

Kembali ke Dasar
   Tidur yang baik, makanan utuh, dan jalan kaki sering merupakan obat terbaik untuk mengatasi keresahan. Cara termudah untuk tertidur ketika rasa cemas muncul di dalam pikiran bisa dengan berhenti mencoba tidur, tapi justru coba tetap bangun.
  
   Banyak orang yang beralih ke alkohol atau obat untuk mengatasi ansietas, dengan pemikiran, cara ini bisa membuat mereka merasa lebih nyaman, padahal ini justru membuat rasa nervous jadi lebih buruk. Makan baik juga akan membuat anda merasa sehat secara fisik dan mental.

Reward Diri Sendiri
   Terakhir, jamu diri sendiri. Jika anda memungut laba-laba atau menelepon orang yang anda takuti, kuatkan sukses anda dengan memanjakan diri sendiri, mandi berendam diterangi lilin, pijat, jalan-jalan di desa, nonton konser, makan di luar, beli buku, DVD atau hadiah kecil lainnya yang membuat anda senang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar