Selasa, 16 Oktober 2012

Etika Profesi Akuntansi


Minggu III & IV, (Sabtu, 20 Oktober 2012)


1. Jelaskan mengenai kode etik akuntan, jelaskan dengan singkat dan jelas!

Jawab: Kode etik akuntan yaitu norma perilaku yang mengatur hubungan antara akuntan publik dengan kliennya, antara akuntan publik dengan rekan sejawatnya dan antara profesi dengan masyarakat.


2. Apa yang dimaksud dengan:

a) Kredibilitas

b) Profesionalisme

c) Skeptisme

d) Konservatisme

e) Integritas

Jawab: 

a) Kredibilitas: kualitas, kapabilitas, atau kekuatan untuk menimbulkan kepercayaan.

b) Profesionalisme: mutu, kualitas, dan tindak tanduk ciri suatu profesi atau ciri orang yang profesional.

c) Skeptisisme: aliran (paham) yang memandang sesuatu selalu tidak pasti (meragukan, mencurigakan) contohnya; kesulitan itu telah banyak menimbulkan skeptis-isme terhadap kesanggupan dalam menanggapi gejolak hubungan internasional. Jadi secara umum skeptis-isme adalah ketidakpercayaan atau keraguan seseorang tentang sesuatu yang belum tentu kebenarannya.

d) Konservatisme: sebuah filsafat politik yang mendukung nilai-nilai tradisional.

e) Integritas: sebuah konsep konsistensi tindakan, nilai-nilai, metode, langkah-langkah, prinsip, harapan, dan hasil. Dalam etika, integritas dianggap sebagai kejujuran dan kebenaran yang merupakan kata kerja atau akurasi dari tindakan seseorang.


3. Jelaskan apakah bribery merupakan suatu tindakan yang tidak etis dengan memberikan sebuah contoh kasus!
Jawab: Bribery (suap). Bribery adalah praktek dimana seseorang yang dapat mengambil keputusan atau tindakan atas nama orang lain berdasarkan otoritasnya atau posisi dipengaruhi dengan membayar atau menawarkan manfaat moneter untuk mempengaruhi dia untuk mengambil tindakan atau keputusan yang dia tidak akan dilakukan. Tindakan ini sangat tidak etis karena sama saja menerima yang bukan hak nya dan ini merupakan salah satu sikap yang tidak jujur. Contohnya, Kantor-kantor Pemerintah maupun swasta. Pemberian suap di dalam area ini biasanya dilakukan pada saat penerimaan pegawai/karyawan, penandatanganan proyek, kenaikan golongan atau jabatan, pemutasian, mengurus surat-surat dan lain-lain.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar