Jumat, 25 Februari 2011

Bank Sampah Beromzet Rp7 Juta per Bulan

JAKARTA - Seperti layaknya tempat penyimpanan uang, bank yang satu ini juga memiliki nasabah. Hanya saja, yang ditabung adalah sampah.

Adalah Anindita Normaria Samsul, mahasiswi Institut Teknologi Sepuluh November (ITS) Surabaya yang menggagas bank sampah di kawasan RT 6/9 Bratang Lapangan, Ngagelrejo, Bratang, Surabaya. Di rumah bernomor 54-lah bank sampah yang diberinya nama Bank Sampah Bina Mandiri beroperasi. Biasanya, Anindita dibantu seorang wanita, Tutik Sunartiningsih, dalam operasional sehari-hari.

Bank Sampah Bina Mandiri diinisiasi gadis yang akrab disapa Ninin ini, bersama teman masa SMA-nya, Fendy. Lokasi tempat bank sampahnya beroperasi dipilih karena latar belakangnya, yaitu kebanyakan dihuni masyarakat dengan taraf ekonomi, pendidikan, dan moral cukup rendah.  

"Bank sampah menjadi sebuah solusi, bagi lingkungan dan juga bagi masyarakatnya. Tak sekedar melatih para keluarga untuk lebih peduli terhadap sampah. Akan tetapi, para ibu rumah tangga pun bisa mempunyai sebuah tabungan yang terjamin dan mudah didapat," ujar Ninin seperti dinukil dari situs ITS, Jumat (25/2/2011).

2 komentar: