Sabtu, 30 April 2011

Emosi ???

Apakah Emosi - Perasaan?

  Orang yang berbeda mendefinisikan emosi dengan cara yang berbeda. Beberapa membuat perbedaan antara emosi dan perasaan mengatakan bahwa perasaan adalah bagian respon emosi dan bahwa emosi termasuk situasi atau pengalaman, interpretasi, persepsi, dan respon atau perasaan yang terkait dengan pengalaman dari situasi tertentu. Untuk tujuan pasal ini, saya menggunakan istilah secara bergantian.

   John D. (Jack) Mayer mengatakan, "Emosi beroperasi pada berbagai tingkatan.   Mereka memiliki aspek fisik maupun aspek psikologis. Emosi jembatan pikiran, perasaan, dan tindakan - mereka beroperasi di setiap bagian dari seseorang, mereka mempengaruhi banyak aspek dari seseorang, dan orang yang mempengaruhi banyak aspek emosi ".

   Dr Maurice Elias mengatakan, "Emosi adalah sistem peringatan manusia 'untuk apa yang sebenarnya terjadi di sekitar mereka. Emosi merupakan indikator yang paling dapat diandalkan tentang bagaimana hal yang terjadi dalam hidup kita.   Emosi membantu menjaga kita di jalur yang tepat dengan memastikan bahwa kita dipimpin oleh lebih dari / fakultas mental intelektual pemikiran, persepsi, akal, memori. "

 

Mengapa Sial Dengan Emosi:

   Emosi mengendalikan pikiran Anda, perilaku dan tindakan. Emosi mempengaruhi tubuh fisik Anda sebanyak tubuh Anda mempengaruhi perasaan Anda dan berpikir. Orang yang mengabaikan, membubarkan, menindas atau hanya ventilasi emosi mereka, sedang mengatur diri mereka untuk penyakit fisik. Emosi yang tidak dirasakan dan dilepaskan, tetapi dikubur dalam tubuh atau di aura dapat menyebabkan penyakit serius, termasuk kanker, arthritis, dan berbagai jenis penyakit kronis.

    Emosi negatif seperti rasa takut, cemas, negatif, frustrasi dan depresi kimia menyebabkan reaksi dalam tubuh yang sangat berbeda dari bahan kimia yang dikeluarkan ketika Anda merasakan emosi positif seperti bahagia, isi, dicintai, diterima.

 

Sistem Kepercayaan

    Mendasari banyak dari perilaku kita adalah apa yang disebut sistem kepercayaan.Sistem dalam diri kita filter apa yang kita lihat dan dengar, mempengaruhi bagaimana kita bersikap dalam kehidupan kita sehari-hari. Ada unsur lain yang mempengaruhi kehidupan kita, termasuk kehidupan masa lalu dan isu-isu inti yang kita datang ke kehidupan ini untuk resolusi, tapi keyakinan kita sistem dalam kehidupan ini memiliki pengaruh besar pada apa yang kita pikirkan dan lakukan.

    Sistem kepercayaan anda mempengaruhi persepsi Anda atau bagaimana Anda menafsirkan apa yang Anda lihat, dengar dan rasakan. Misalnya, orang yang dibesarkan oleh seorang pria atau wanita akan marah melihat orang-orang di masa depan dengan keyakinan bahwa kemarahan buruk atau bahwa itu adalah sesuatu untuk takut. Contoh lain akan menjadi seseorang yang cukup cerdas tetapi tidak pernah didorong atau dihormati untuk intelijen mereka, orang ini mungkin percaya mereka bodoh. Pria dibesarkan di masyarakat konservatif mungkin keyakinan bahwa wanita yang bekerja di luar rumah tidak sebagus mereka yang tidak bekerja di luar rumah.  

    Dibutuhkan banyak pekerjaan untuk melihat diri sendiri dan mengidentifikasi keyakinan yang mempengaruhi kehidupan Anda secara negatif. Namun, mengetahui keyakinan anda akan memberikan dasar yang kuat untuk kebebasan emosional. Saya percaya bahwa itu bijaksana untuk berurusan dengan sistem kepercayaan sebelum berhubungan dengan identifikasi dan pelepasan emosi.   First things first! Pertama hal pertama!

 

Orang lain, Tempat, dan Hal Tidak Dapat Mengubah Bagaimana Anda Merasa

   Satu-satunya orang yang bisa mengubah apa yang Anda rasakan adalah Anda. Sebuah hubungan yang baru, rumah baru, mobil baru, pekerjaan baru, hal-hal sejenak bisa mengalihkan perhatian Anda dari perasaan Anda, tetapi tidak ada orang lain, tidak memiliki material, aktivitas tidak bisa menghapus, pelepasan, atau mengubah cara Anda merasa.  

    Seberapa sering Anda mendengar orang mengatakan hal-hal seperti "ketika saya punya cukup uang, aku tidak akan takut lagi", hanya untuk menemukan tidak pernah ada tampaknya cukup uang untuk berhenti menjadi takut. Atau "ketika saya sedang dalam hubungan yang aman saya tidak akan merasa kesepian lagi", dan menemukan mereka masih kesepian terlepas dari hubungan mereka. Kita perlu memahami bahwa kita ambil perasaan kita dengan kita kemanapun kita pergi. Sebuah baju baru, rumah baru, pekerjaan baru, tidak ada hal-hal ini mengubah cara kita merasa. Perasaan kami tetap dalam diri kita sampai kita membebaskan mereka.  

 

Apakah Bukan Hanya Penyebab Penyakit

    Emosi bukan satu-satunya penyebab penyakit. Little bayi dan anak kecil mendapatkan sakit, dan tidak selalu karena masalah emosional mereka. Ada banyak penyebab emosi termasuk penyakit, tetapi mereka bukan satu-satunya penyebab penyakit.  

     Penyebab penyakit ini sangat berbeda dari isu-isu yang menyebabkan penyakit tahun 20 atau 30 lalu. Kita hidup di dunia yang penuh dengan kimia, logam, dan racun atom, radiasi, polusi, dan pestisida dalam makanan kita. Energi ini mempengaruhi kesehatan / fisik, mental intelektual, energik dan emosional orang.  
Ketika kami bepergian lebih, bergerak dengan mudah dari satu negara ke negara, berbagai jenis penyebab infeksi yang menyebar elemen di seluruh dunia lebih mudah. Infeksi parasit, cacing, virus, dan berbagai jenis bakteri menular berkali-kali lebih besar dari 20 tahun yang lalu. Persediaan air kita dipenuhi dengan bahan kimia dan logam. Manfaat antibiotik juga membawa bersama mereka kesulitan pertumbuhan berlebih jamur candida dan kesulitan fisik dan emosional lainnya. Penyebab penyakit ini berbeda.

 

Dua Dasar Emosi Dalam Kehidupan - Cinta dan Rasa Takut

    Hanya ada dua emosi dasar yang kita semua pengalaman, cinta dan rasa takut. Semua emosi lainnya adalah variasi dari kedua emosi. Pikiran dan perilaku berasal dari salah satu tempat cinta, atau tempat dari ketakutan.   Kecemasan, kemarahan, kontrol, kesedihan, depresi, ketidakmampuan, kebingungan, sakit hati, kesepian, rasa bersalah, rasa malu, ini semua emosi rasa takut berbasis. Emosi seperti kegembiraan, kebahagiaan, kepedulian, kepercayaan, kasih sayang, kebenaran, kepuasan, kepuasan, ini adalah emosi cinta berbasis.  

     Ada berbagai tingkat intensitas kedua jenis emosi, beberapa ringan yang, yang lain sedang, dan lain-lain yang kuat dalam intensitas. Sebagai contoh, kemarahan dalam bentuk yang ringan bisa dirasakan sebagai jijik atau cemas, pada tingkat sedang dapat merasa tersinggung atau jengkel, dan pada tingkat intens dapat dirasakan sebagai kemarahan atau benci. Dan emosi yang selalu mendasari kemarahan adalah ketakutan.

 

Fisik Pengaruh Emosi

    Emosi memiliki pengaruh langsung tentang bagaimana tubuh kita bekerja. emosi Takut berbasis merangsang pelepasan satu set bahan kimia, sementara emosi cinta berbasis rilis yang berbeda bahan kimia. Jika emosi rasa takut berbasis jangka panjang atau kronis bisa merusak sistem kimia, sistem kekebalan tubuh, sistem endokrin dan setiap sistem lainnya dalam tubuh Anda. sistem kekebalan tubuh kita melemah dan banyak penyakit serius mengatur masuk Hubungan antara emosi, pemikiran, dan tubuh sedang disebut Mind / Body Medicine hari ini.

 

Anda Tidak Bisa Kontrol Emosi Anda

     Anda tidak dapat mengubah atau mengendalikan emosi Anda. Anda dapat belajar bagaimana menjadi dengan mereka, hidup damai dengan mereka, mentransmutasikan mereka (yang berarti melepaskan mereka), dan Anda bisa mengatur mereka, tetapi Anda tidak dapat mengendalikan mereka.
Pikirkan orang-orang yang pergi bersama hari demi hari tampaknya berfungsi normal, dan tiba-tiba mereka akan meledak dalam kemarahan pada sesuatu yang tampaknya relatif sepele dan tidak berbahaya. Itulah salah satu tanda seseorang yang sedang mencoba untuk mengendalikan atau menekan emosi mereka tetapi emosi ditekan mereka bocor keluar.

    Setiap orang yang lebih mencoba untuk mengendalikan emosi mereka semakin mereka menolak kontrol, dan semakin banyak orang takut akhirnya menjadi pada apa yang dilihat menjadi "hilangnya kontrol emosional".   It is a vicious circle. Ini adalah lingkaran setan.

     Sangat penting hari ini untuk secara politik benar. Dan itu berarti tidak menantang atau tidak setuju dengan apa yang rata-rata orang percaya. Ini berarti tidak mengekspresikan emosi negatif di depan umum. Menampilkan emosi di depan umum di Amerika Utara dan masyarakat Eropa merupakan yang "lepas kendali" tanda besar kelemahan. Orang merasa tidak nyaman dengan mereka yang mengekspresikan emosi yang kuat. Kami adalah masyarakat yang diajarkan untuk menyembunyikan emosi kita, menjadi malu dari mereka atau menjadi takut terhadap mereka. Apapun, kita lahir dengan mereka dan harus tinggal bersama mereka. Ini berarti belajar bagaimana untuk mengenal mereka, bersama mereka, dan membebaskan mereka.

 

Perbedaan Antara Isu Core dan Emosi

     Kita masing-masing datang ke kehidupan ini dengan setidaknya satu masalah inti untuk menyelesaikan.    situasi yang berbeda akan terus menampilkan diri dalam pola berbeda tetapi ulangi sampai Anda telah berurusan dengan isu-isu inti dalam hidup Anda. Beberapa contoh isu utama adalah ditinggalkan / korban, menuntut keadilan dalam segala hal, hidup spiritual daripada material. Isu-isu menyeluruh yang mempengaruhi emosi sepenuhnya. Banyak orang mencari tahu tentang isu-isu inti mereka dengan belajar untuk berurusan dengan emosi mereka. Ini adalah jalur lembut yang akan membawa Anda ke dalam lebih mengetahui isu-isu inti Anda.

 

Emosi dan Emotional Abuse

    Penyalahgunaan emosi adalah bentuk kekerasan dalam hubungan. pelecehan emosional hanya sebagai kekerasan dan serius sebagai penyalahgunaan fisik namun sering diabaikan atau diminimalkan karena kekerasan fisik tidak ada. Emotional Penyalahgunaan dapat mencakup salah satu atau semua unsur-unsur berikut. Hal ini dapat mencakup penolakan dari orang atau nilai mereka atau nilai. Merendahkan individu dalam cara apapun secara emosional melecehkan, melibatkan mengejek, perilaku memalukan dan menghina.   Meneror atau mengisolasi seseorang sangat kejam dan terjadi pada anak-anak, orang dewasa, dan sering orang tua. Memanfaatkan seseorang kejam. Menyangkal tanggapan emosional yang lain adalah sangat kejam.  The "perlakuan diam" adalah cara yang kejam untuk mengendalikan orang dan situasi. Dimana ada kontrol tidak ada cinta, hanya rasa takut.  

    Jika Anda hidup dalam situasi yang emosional kasar silahkan mencari bantuan baik dari profesional atau salah satu organisasi membantu banyak hadir di kebanyakan komunitas, untuk membantu Anda menyelesaikan masalah Anda. Emosi berasal dari pelecehan emosional yang dalam dan rumit, yang memerlukan bantuan terus menerus dari mereka yang dilatih untuk menangani pelecehan emosional.

 

Bagaimana Kami menindas Emosi

    Ketika kita memiliki pengalaman yang dapat kita temukan menyakitkan atau sulit, dan seringkali tidak mampu mengatasi rasa sakit, atau hanya takut, kita sering mengabaikan emosi ini dan baik mendapatkan sibuk, berolahraga lebih banyak, minum atau makan sedikit lebih banyak, atau hanya berpura-pura itu tidak terjadi.   Ketika kita melakukan ini kita tidak merasakan emosi dan hasil ini dalam apa yang disebut ditekan, ditekan atau dikubur emosi. Perasaan ini tinggal di otot, ligamen, perut, perut, aura. Emosi ini tetap terkubur di dalam diri kita sampai kita membawa emosi yang atas dan merasakan emosi, sehingga melepaskannya. Emosi yang terkubur pada jangka panjang adalah emosi yang biasanya menyebabkan penyakit fisik. 

     Berikut ini adalah beberapa contoh metode yang digunakan orang untuk menghindari perasaan emosi mereka.
  • Mengabaikan perasaan Anda
  • Berpura-pura sesuatu tidak terjadi
  •  Makan terlalu banyak
  • Makan makanan yang sarat dengan gula dan lemak
  • Berlebihan minum alkohol
  • Berlebihan penggunaan obat-obatan rekreasi
  • Menggunakan resep obat-obatan seperti obat penenang atau Prozac
  • Berolahraga kompulsif
  • Setiap jenis perilaku kompulsif
  • Berlebihan seks dengan atau tanpa pasangan
  • Selalu menjaga sibuk sehingga Anda tidak bisa merasakan
  • Berlebihan membaca atau TV
  • Bekerja Terlalu
  • Menjaga percakapan dangkal
  • Mengubur emosi marah di balik topeng perdamaian dan cinta

 

Gejala Emosi direpresi

    Dibutuhkan banyak energi untuk menjaga emosi direpresi dan dikuburkan.Jika Anda menjaga emosi terkubur untuk waktu yang lama, Anda menurunkan keseluruhan getaran, dan getaran rendah menyebabkan penyakit dan proses penuaan dipercepat. emosi Dikuburkan membuat kelelahan dan depresi.   Berikut ini adalah beberapa gejala utama dari emosi terkubur dan ditekan.
  • Kelelahan
  • Depresi tanpa penyebab yang jelas
  • Berbicara masalah / kepentingan dan bukannya masalah pribadi dan perasaan
  • Berpura-pura sesuatu tidak peduli ketika di dalamnya tidak peduli
  • Jarang berbicara tentang perasaan Anda
  • Bertiup di atas insiden kecil 
  • Berjalan-jalan dengan simpul di perut atau sesak di tenggorokan Anda
  • Merasa kemarahan Anda tidak pada sesuatu waktu terjadi tapi beberapa hari kemudian
  • Dalam hubungan, dengan fokus diskusi pada anak / uang daripada berbicara tentang diri sendiri
  • Kesulitan berbicara tentang diri Anda
  • Bermasalah pribadi hubungan dengan keluarga, teman, kenalan
  • Kurangnya ambisi atau motivasi
  • Lesu - yang peduli - sikap
  • Kesulitan menerima diri sendiri dan orang lain
  • Tertawa di luar sambil menangis di dalam

Air mata seorang wanita

    Wanita dan tangis memang tidak terpisahkan. Air mata wanita bahkan sering menjadi inspirasi bagi seniman dalam berkarya.Tapi para ilmuwan berpendapat, menagis itu ternyata perlu dan menyehatkan.

     Kenapa?
Menangis memang cara alami yang mudah, murah, dan dapat dilakukan dimana saja ketika kita sedih atau dirundung masalah. Usai  banjir air mata,  biasanyanya anda merasa menjadi lega. Terbebas dari himpitan stres, kemarahan dan kesedihan. Walaupun mata basah, suara serak, namun anda merasa lebih segar dan kuat.

     Menurut para ilmuwan, kondisi ini sangat biologis.Dr Bill Frey, Kepala Penelitian di Dry Eye and Tear Research, Minnesota, AS mengungkap  dalam airmata  terkandung 2 jenis hormon stres yaitu prolactin dan ACTH. Ketika anda stress kadar hormon itu dalam darah meningkat,sehingga harus dikelurkan. Selain itu menangis juga memicu keluarnya endorfin, hormon yang membuat kita merasa nyaman. Tak heran jika setelah menangis kita merasa lebih tenang dan lega.

Apa saja yang memincu wanita menangis ?

1. Kehilangan orang yang disayanginya
    Menangis kehilangan orang yang anda sayangi sangatlah wajar. Kehilangan orang yang dekat dengan kita dikarenakan kematian atau perpisahan. Orang terdekat disini bisa berarti orang tua, suami atau istri, anak, keluarga, pacar, sahabat atau teman. Bahkan kitapun akan menagis jika kita kehilangan binatang atau benda kesayangan kita. Kesedihan yang dalam kadang membuat kita depresi dan menangis adalah cara alami untuk menyalurkan kesedihan yang ditimbulkan, sampai akhirnya secara perlahan kita bisa menerima kenyataan tersebut.

     Kehilangan orang yang kita cintai bagaikan naik roller coaster. Meskipun kita sudah melupakannya, seseorang tidak akan bisa benar benar kembali seperti keadaan semula. Kadang kesedihan itu akan hilang timbul kembali..biarkan anda menagisinya, walaupun kejadian itu sudah lama berlalu. Terapi ini membantu anda menyadari bahwa seorang manusia tidak bisa memiliki manusia lainnya. Banyak takdir atau penyebab lainnya yang membuat anda untuk berpisah dan tidak dapat memilikinya.


2. Amarah yang terpendam
    Masih banyak wanita yang terkukung aturan budaya yang tidak menginzinkan wanita untuk marah marah apalagi menuntut haknya. Tak heran pada akhirnya banyak wanita yang merasa haknya diinjak injak. Secara naluri wanita  sering kali melindungi dirinya, lebih banyak diam dikarenakan menghindari  pertengkaran  dan menyimpan kemarahannya. Menahan perasaannya,  demi menjaga hubungan yang harmonis dengan pasangannya, sahabatnya, orangtuanya ,  teman temanya atau relasi bisnisnya. Dan memilih menagis untuk mengungkapkan kemarahan dan kekesalan anda. Pakar psikologi Wilfitri  berpendapat, ” Sebaiknya hentikan tangisan anda dan  keluarkan amarah anda. Tentunya dengan cara yang tepat” .

     Jika anda belum terbiasa, latihlah dengan mengungkapkan apa yang ada rasa secara baik baik dan sederhana. Atau sampaikan keluhan anda dalam bentuk tulisan, email, sms atau media lainnya yang pada akhirnya dapat menggatikan tangisan anda dengan bentuk kemarahan yang lebih bijak.


 3. Mempunyai problem yang berat
     Kebanyakan wanita akan menagis jika menghadapi masalah yang berat. Entah itu masalah percintaan, polemik rumahtangganya, kesulitan keuangan, atau hubungan sosialnya dengan orang lain. Tidak berati bahwa wanita tersebut tidak dapat menyelesaikan masalah, akan tetapi wanita membutuhkan rasa nyaman, suatu dukungan dari suaminya, sahabatnya, atau orang orang terdekatnya dalam mensupportnya ketika menyelesaikam masalah itu. Memberi dukungan dan rasa percaya diri bahwa anda mampu menyelesaikan masalah tersebut. Ketakutan yang membuat anda menangis dan kurang percaya diri.

       Menangis bukanlah solusi yang baik, yang perlu anda lakukan adalah mengatasi rasa takut itu. Ketika anda menemui kegagalan, segeralah bangkit dan terus maju. Teruslah berusaha  berusaha dan hingga masalah terselesaikan. Usap air mata anda dan ubah pola pikir anda : Always do the best, and god will take care of the rest.


4. Keinginan yang tidak tercapai.
    Seringkali wanita menagis ketika suatu keinginan atau pengharapan tidak tercapai. Saat itu wanita tidak dapat berfikir lagi dengan logis. Yang dilakukannya lebih banyak mengeluh dan berandai andai. Berharap semua keinginannya bisa tercapai meski dengan segala cara.
 
      Wanita kadang kala menggunakan senjata air matanya untuk merayu atau mengabulkan sebuah keinginan pada lawan jenisnya atau keluarga dan teman temannya.Dengan menangis dan air mata yang berderai..kadang wanita berharap timbulnya rasa iba dan terkabulnya semua keinginan.

       Tentunya tidak semua wanita berlaku seperti itu dan tindakan semacam tadi haruslah dihindari. Kebiasaan ini membuat anda terlihat manipulatif. Membuat anda tidak dapat dipercaya dan menyebalkan. Ketika tangisan diigunakan sebagai senjata dalam meraih keinginan yang tidak tercapai justru menunjukan bahwa wanita tersebut terlihat tidak dewasa.Walaupun pria kadang luluh dengan cara ini, harus diingat bahwa mereka adalah mahluk rasional.Masih banyak cara lain yang dapat digunakan  dengan pro dan kontranya tapi masalah bisa selesai dengan penjelasan logis yang dapat diterima oleh akal sehat.


5.  Tertimpa Musibah
     Saat tertimpa musibah, reaksi pertama yang dilakukan wanita adalah menangis.Tertimpa musibah disini berbagai macam bentuknya, seperti  bencana alam, kehilangan harta benda, diuji dengan suatu penyakit dan lain sebagainya. Menangislah sepuasnya. Biarlah semua kekecewaan anda keluar dan tawar menawarlah pada Tuhan.

      Jika anda butuh waktu untuk sendiri, lakukanlah. Saat anda merasa lebih tenang, tanyakan pada diri anda apa yang akan anda lakukan. Dengarkan kata hati anda dan susunlah rencana kembali. Yakinlah diri bahwa anda masih bisa bangkit dan mengejar cita cita dan harapan anda. Dalam kehidupan, krikil problema akan selalu menghalagi langkah kita.Tapi tetap semangat dan berusaha.

      Tentunya masih banyak contoh lainnya yang membuat wanita menagis, ketika emosinya tersentuh oleh sebuah syair lagu dan pertujukan film, saat bahagia ketika mendapat hadiah, ketika anak sakit, ketika suami mendua dan masih banyak contoh penyebab wanita menangis yang lainnya.

      Menagis tidaklah dilarang, justru dianjurkan jika dilakukan dalam porsi yang wajar. Menangis tidak hanya menyembuhkan luka, menangis juga bisa memotivasi kita untuk bangkit kembali dalam menata kehidupan.Menagis tidak berarti cengeng.Menagis terapi sederhana dalam menyelesaikan masalah. Membuang segala gundah dan setelah itu kita dapat berpikir secara logis dan rsional. Selain itu, Studi baru di Israel mendapati bahwa air mata perempuan berpengaruh secara fisik dan psikologis pada laki-laki. Para ilmuwan yang terlibat dalam studi tersebut mengatakan mereka heran bahwa air mata perempuan menurunkan nafsu seksual laki-laki. Sebagian perempuan di Washington juga heran dengan temuan itu.

       Air mata perempuan tidak hanya mengilhami kisah cinta di Hollywood, Mamie Parker mengatakan ia mengalami sendiri apa yang bisa dilakukan oleh air matanya kepada laki-laki. Mamie mengatakan, “Jika saya menangis, mereka sepertinya bersikap lebih sayang atau ingin merangkul dan dalam beberapa kasus, lebih seksi.”

        Tetapi studi baru-baru ini justru menemukan berbeda sekali yang terjadi jika laki-laki berada begitu dekatnya sampai bisa mencium air mata perempuan. Menurut Idan Fruimen, “Bagian yang paling mengherankan adalah air mata bisa mengurangi rangsangan seksual, mungkin intuitif, tetapi ini benar-benar mengherankan kami.”

         Dalam wawancara dengan VOA melalui Skype, periset Idan Fruimen pada Institut Ilmu Pengetahuan Weizmann di Israel mengatakan ia dan rekan-rekannya mendapati bahwa setelah tercium air mata perempuan, tingkat hormon testosterone laki-laki turun 10 sampai 15 persen.
Idan menjelaskan, “Kita menggunakan semacam komunikasi kimia, kemungkinan melalui hidung kita.”

         Periset Yaara Yeshurun adalah seorang diantara enam perempuan yang menyumbangkan air matanya untuk studi ini dengan menonton Terms of Endearment dan film-film sedih lainnya. Ia mengatakan pengaruh air mata perempuan pada laki-laki mungkin merupakan suatu cara lain untuk menurunkan testosteron sebagai pengobatan kanker prostat.

         Yaara mengatakan “Ini adalah cara yang sangat non-invasif.”

         Sementara itu, para ilmuwan pada Institut Weizmann mengatakan mereka juga ingin mempelajari bagaimana pengaruh zat-zat kimia dalam air mata anak-anak dan laki-laki pada orang lain. Mulai dari mantan Presiden Amerika George H.W. Bush sampai ketua DPR yang baru John Boehner, banyak orang mengatakan air mata laki-laki mungkin berbeda pengaruhnya pada perempuan.

         Beberapa orang perempuan memberikan komentar atas air mata laki-laki ini:
“Jika perempuan melihat laki-laki menangis, wanita itu akan lebih menyukai pria tersebut.”
“Saya mendapati laki-laki lebih manis karena saya akhirnya melihat sisi lembut mereka.”
“Apabila kami berdekatan dan tahu ada perasaan semacam itu, membuat hubungan lebih spesial.”

         Semua perempuan ini mengatakan air mata laki-laki cukup istimewa untuk memberi pasangan mereka ‘sex appeal’ yang lebih besar.
Hai wanita..bila dirasa perlu, jangan ragu dan malu untuk menagis.

Menyusui Tak Sekadar Memberi ASI

     Menyusui bukan sekedar memberikan makan untuk bayi, tetapi juga mengalirkan cinta, memberikan yang terbaik untuk bayi dari segi intelegensia, dan kesehatan lahir batin. Berbagai suasana dan peralatan pun diciptakan untuk menghadirkan kenyamanan bagi ibu saat menyusui.

     Hal tersebut menjadi tema besar perayaan hari ulang tahun Asosiasi Ibu Menyusui Indonesia (AIMI) yang keempat. Menurut Mia Sutanto, Ketua Umum AIMI, pada ulang tahun yang keempat ini, AIMI ingin menyadarkan masyarakat bahwa menyusui itu tidak sekedar memberi ASI.

     "Justru sekarang yang banyak diangkat itu ASI nya bahwa ASI itu bagus untuk kecerdasan, kesehatan bayi. Tetapi yang sering terlupakan oleh masyarakat bahwa kegiatan menyusui manfaatnya juga luar biasa," katanya, dalam perayaan HUT AIMI ke-4 dengan tema "Menyusui, Lebih dari Sekedar ASI", Sabtu, (30/4/2011).

     Mia melanjutkan, kegiatan menyusui itu bisa juga melibatkan dekapan, belaian, berbicara, bernyanyi dan bersenandung dengan si bayi. "Itu semua adalah value added dari kegiatan menyusui itu," tambahnya.
Mia menilai, kesadaran para ibu untuk memberikan ASI, belakangan ini sudah lebih baik. Namun kurangnya sosialisasi, edukasi dan dukungan seringkali menyebabkan ibu kurang menyadari pentingnya pemberian ASI eksklusif.

     "Gencarnya promosi produk-produk pengganti ASI, itu semua yang sedikitnya banyak memberikan tantangan buat si ibu untuk bisa secara full memberikan ASI kepada buah hati," jelasnya.
Mengutip data Survei Demografi dan Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2007, Mia mengatakan, angka pemberian ASI eksklusif 0-6 bulan cenderung turun sebesar 32 persen dibandingkan tahun-tahun sebelumnya. "Sedangkan menurut laporan SDKI tahun 2003 itu 40 persen, jadi turun sekitar 6-8 poin," pungkasnya.

     Mia mengungkapkan, sebagai wujud syukur di usia AIMI yang ke-empat, serangkaian acara sosialiASI dan konseling laktasi gratis akan diselenggarakan AIMI tidak hanya di Jakarta, tetapi di seluruh cabang AIMI (Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur). "Kami ingin membantu masyarakat dalam mendapatkan informasi tentang ASI dan menyusui benar," tutupnya.

Atlit Pertama Indonesia di Olimpiade?

     Ternyata kita sempat-sempatnya kirim atlit ke olimpiade meski negara kita baru sembuh dari luka peperangan melawan kekuatan jahat, kolonialisme.  Hanya bermodalkan semangat dan nasionalisme, mereka berangkat dengan persiapan seadanya dengan penuh ketekunan dan dedikasi tinggi membela bangsa yang baru berumur 7 tahun. Mereka adalah SOEDARMODJO (atletik), SOEHARKO (renang) dan THIO GING WIE (angkat besi).

     Hanya dengan tiga atlit, Indonesia berani ikut ke olimpiade, sekaligus menjadi keikutsertaan pertama kali bagi Indonesia dalam pesta olahraga terbesar sejagat.  Tetepi malangnya, IOC hanya mencatat fakta dalam Olimpiade Helsinki sebagai olimpiade pertama yang diikuti oleh Uni Soviet (yang ternyata menjadi raksasa olahraga dunia dan juara umum nyaris hampir setiap olimpiade) dan Israel.

     Sedangkan keikutsertaan Indonesia sebagai debutan, tidak dicatat dan tidak dianggap penting sama sekali oleh IOC. Padahal, prestasi Israel setelah kita meraih medali di tahun 1988, tidak pernah sebagus dan sebaik Indonesia.  Bahkan Susi Susanti dan Alan Budikusumah, dicatat dengan tinta emas oleh IOC sebagai atlit peraih emas yang unik (mereka kelak menjadi pasangan suami istri). Sedangkan atlit Israel dicatat dunia dan IOC sebagai korban teror "September Hitam" dalam Olimpiade Munich 1972, bukan prestasi olahraganya! Sedang atlit Uni Soviet, kita tidak usah ragukan prestasinya.

     Kasihan juga tiga atlit Indonesia. Diakui setengah hati keikutsertaannya oleh IOC dan dilupakan oleh negaranya. Dan lebih menyedihkan lagi setelah merenung dan membaca pengakuan Soedarmodjo, bahwa negeri ini tidak pernah memberikan sesuatu yang layak bagi orang yang membawa nama baik Indonesia. Sungguh menyedihkan. Mereka memang dilupakan oleh negara dan oleh kita semua. Namun jasa mereka tidak bisa disembunyikan.

      Jasa Soedarmodjo, Soeharko dan Thio Ging Wie bagaikan harumnya parfum. Tidak bisa disembunyikan. Memang mereka tidak meraih medali apapun bagi bangsa. Tetapi mereka telah mendapat "medali abadi yang tak akan hilang", yaitu membawa nama baik bangsa dengan penuh kehormatan.
Saya sendiri tidak tahu wajah Soeharko dan Thio Ging Wie seperti apa. Bagi saya, mereka membuka jalan lapang bagi atlit olimpiade Indonesia untuk menunjukkan, bahwa Indonesia punya tempat di olimpiade. Dan tempat itu adalah tempat yang terhormat.


'Jakartarck', Film Semi-dokumenter Pecinta Fixie di Jakarta

     Bersepeda fixie kini menjadi fenomena di Jakarta dan kota-kota besar. Berawal dari gagasan itulah Naga Natio, Aji Warpani dan Hermanto menggarap 'Jakartarck', film semi dokumenter tentang hal tersebut.

     Nama 'Jakartarck' diambil dari dua karya yaitu Jakarta dan Tarck. Tarck adalah bahasa plesetan untuk sepeda track yang umum digunakan para pesepeda di jalanan. Karena sepeda yang biasa dipakai para atlet balap sepeda itu kini malah banyak di jalanan, maka plesetan 'tarck' pun lahir.

     Naga, Aji dan Hermanto kemudian bertindak sebagai produser film 'Jakartarck'. Sementara kursi sutradara dipegang Ari Rusyadi. Secara garis besar film tersebut bercerita tentang komunitas fixed gear alias fixie di Jakarta. "Kami ingin film ini nantinya bisa jadi referensi utama di masa depan, saat orang-orang mencari tahu tentang awal mula perkembangan sepeda fixed gear di Jakarta," ujar Aji lewat rilis yang diterima detikhot, Jumat (29/4/2011).

      Tim promo telah menyiapkan konsep rilis film yang unik yaitu dengan drive-in sepeda. Film 'Jakartarck' dirilis sekaligus tayang perdana pada Jumat, 29 April 2011 pukul 20.00 WIB di halaman Teater Besar, Taman Ismail Marzuki, Jakarta.

Sehat dengan Makan Tahu

     Tahu dibuat dengan mengentalkan sari kedelai menggunakan garam mineral (biasanya kalsium sulfat). Sari kedelai inilah yang membuat tahu kaya dengan manfaat kesehatan. Berikut beberapa manfaat kesehatan yang diperoleh dengan rajin makan tahu, seperti dilansir Lifemojo, Sabtu (30/4/2011):

1. Mencegah penyakit jantung
    Sejumlah studi dalam beberapa tahun terakhir telah menunjukkan bahwa asupan rutin protein kedelai yang terkandung dalam tahu dapat membantu menurunkan LDL (kolesterol buruk) tanpa menurunkan HDL (kolesterol baik), yang menyebabkan penurunan risiko penyakit jantung.


2. Meningkatkan produksi energi
    Tahu merupakan sumber makanan yang kaya zat besi, yang menyediakan 30 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk zat besi dalam 100 gram. Kehadiran zat besi dalam tahu terutama digunakan sebagai bagian dari hemoglobin yang membantu dalam ransportasi dan pelepasan oksigen ke seluruh tubuh mempromosikan produksi energi.

     Tahu juga menyediakan 10 persen dari nilai harian yang direkomendasikan untuk tembaga, mineral penting yang dimanfaatkan dalam sel darah merah. Tembaga juga membantu dalam mengurangi gejala rheumatoid arthritis.


3. Bermanfaat untuk wanita, khususnya wanita menopause
    Makanan yang berasal dari kedelai, seperti tahu mengandung isoflavon (fitoestrogen atau estrogen tanaman) yang bekerja pada tubuh seperti bentuk estrogen.

    Selama menopause, estrogen wanita berfluktuasi, baik naik atau turun di bawah tingkat normal. Nah, fitoestrogen dari kedelai dapat membantu menjaga keseimbangan hormon tersebut. Hal ini dapat membantu mengurangi frekuensi dan beratnya gejala hot flashes (rasa panas pada perut) pada wanita menopause.


4. Mencegah osteoporisis
    Tahu juga bisa menjadi sumber yang kaya kalsium tergantung pada koagulan yang digunakan dalam pembuatan (seperti kalsium sulfat yang digunakan oleh produsen tahu).

     Hal ini membantu melindungi terhadap penyakit seperti kehilangan tulang, kelemahan tulang, rheumatoid arthritis dan osteoporosis. Penelitian baru juga menunjukkan bahwa isoflavon dalam makanan kedelai dapat memperkuat densitas (kepadatan tulang). Ini bisa membuat tahu berguna dalam menangkal penyakit tulang pada wanita postmenopause.


5. Membantu menurunkan berat badan
    Tinggi protein membuat pemakan tahu tidak cepat merasa lapar. Juga, sifat rendah kalori (sekitar 80 kalori dalam 100 gram) tidak menambahkan kalori ekstra untuk menu diet Anda.


6. Membantu pasien diabetes dengan masalah ginjal
    Diabetes dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, salah satunya gagal ginjal. Diabetes adalah penyebab utama kegagalan ginjal dengan tanda awal adanya sejumlah protein dalam urin.

    Sebuah penelitian dilakukan pada pria dengan diabetes tipe 2, yang semuanya didiagnosis dengan penyakit ginjal yang terkait dengan diabetes, menemukan bahwa protein kedelai dapat menurunkan 10 persen protein yang ditemukan dalam air seni.

Makna Ciuman dari Sisi Ilmiah

     Ciuman identik dengan lambang kebahagiaan. Jika selama ini orang melihat ciuman karena alasan bahagia mari kita lihat alasan ilmiah yang dikemukakan para ilmuwan. Karena menurut ilmuwan ciuman itu ada penjelasan ilmiahnya bukan sekedar nafsu.

     Peneliti dari Lafayette College di Pennsylvania telah menemukan jawaban mengapa berciuman dapat membuat sepasang manusia bahagia. Peneliti mengatakan bahwa ketika bibir 'terkunci' sebenarnya terjadi percikan peningkatan hormon di dalam otak, seperti dilansir Foxnews.
Karena adanya serangkaian proses kimia yang kompleks, pasangan yang berciuman akan mengalami kombinasi perasaan, dari relaksasi, sukacita dan cinta.

     Memegang tangan (bersentuhan) dan berciuman juga dapat mengurangi kadar kortisol yang merupakan hormon stres. Jadi tidak mengherankan bila banyak yang menganggap bahwa berciuman adalah cara yang mudah untuk menghilangkan stres.

     Ciuman dapat mentransfer informasi dan membuat seseorang mengenal kepribadian pasangannya lebih dalam. Pertukaran informasi tersebut disebabkan oleh sinyal kimia, yaitu feromon yang juga digunakan oleh hewan untuk menyampaikan pesan.

      Berdasarkan penelitian di University of Albany terhadap 1.041 partisipan, diketahui bahwa pria umumnya senang melakukan ciuman ala French yang basah karena air liurnya mengandung testosteron, yang dapat memicu libido wanita.

      "Ada bukti bahwa air liur memiliki testosteron di dalamnya dan testosteron dapat meningkatkan dorongan seks. Ada bukti bahwa orang-orang yang berciuman dengan mulut terbuka secara tidak sadar mereka mencoba mentransfer testosteron untuk merangsang dorongan seksual pada wanita," kata Helen Fisher, anthropologist Rutgers University.

        Menurut Fisher, pria dapat mentransfer air liur untuk menilai kesuburan wanita dan siklus estrogen. Para ahli lainnya juga menyebutkan bahwa pria dapat memancing estrogen wanita, yang juga merupakan detektor apakah wanita tersebut mandul atau tidak.

         Dan tahukah Anda ketika seseorang berciuman sederhana (kecupan) ada dua otot wajah yang aktif, sedangkan ketika melakukan ciuman yang bergairah maka semua otot (34 otot) yang ada di wajah ikut aktif.

Selasa, 29 Maret 2011

APA SIH, SOPAN SANTUN ITU ?


Sebelum kita masuk pembahasan, kenapa kita harus bersikap sopan, ada baiknya kita lihat dulu, sebenarnya apa sih sopan santun itu? Sopan santun bisa dianggap sebagai norma ngak tertulis yang mengatur bagaimana seharusnya kita bersikap atau berperilaku. Misalnya, berbicaralah dengan lebih lembut kepada orang yang lebih tua. Ataupun pikirkanlah terlebih dulu kata-kata yang akan kita ucapkan kepada teman yang sedang sedih. Karena meskipun sebaya, bukan berarti kita bebas untuk berbicara sesuka hati.
Bahkan kepada orang yang lebih muda dan baru kita kenal pun kita harus tetap menjaga kesopanan. Karena banyak lho di antara kita, yang suka ”lupa” menjaga sikap. Mentang-mentang sudah berteman lama, kita dengan cueknya mencela dandanan sobat di depan orang banyak. Hmm, kalau bersikap begini terus, jangan heran, ya kalau satu per satu teman akan meninggalkan kita.
Menurut Teori Kesopanan, milik Penelope Brown dan Stephen Levinson, ada tiga faktor yang menyebabkan adanya perbedaan perilaku dan gaya bicara seseorang terhadap orang lain, yaitu kekuasaan, kedekatan sosial, dan tingkat kewajiban. Teori Brown dan Levinson ini dilengkapi oleh seorang dosen sosiolinguistik Universitas Pendidikan Indonesia, Aminudin Azis yang mengatakan bahwa dinegara kita, usia juga mempengaruhi kesopanan. Yes, it’s true!


KENAPA HARUS SOPAN SANTUN, SIH?

Ssaat kita belaku sopan, apa sih sebenarnya yang kita harapkan? Apakah kita sopan karena begitulah ajaran orangtua kita? Ataukah kita sopan, agar orang lain pun juga sopan sama kita? Menurut Penelope Brown dan Stephen Levinson, dilengakapi oleh pernyataan James Tedeschi, inilah dasar kita bersikap sopan:
  1. Ajaran orangtua yang wajib dijaga, percaya bahwa semua yang diajarkan orangtua adalah baik, akan membuat kita kaya. Ngak percaya? Kalau semua nasihat mama tentang kesantunan (yang sering kita anggap membosankan itu) kita jaga, percayalah bahwa kita kelak akan diterima di lingkungan pergaulan manapun. Mengucapkan terima kasih, menyapa, tersenyum tulus, dan menjavat erat tangan teman sebagai pengikat hubungan baik, adalah modal kita di masa depan. Indah, kan?
  2. Agar bisa diterima oleh lingkungan sekitar. Saat kita masuk ke sebuah lingkungan baru, sikap dan perilaku kita adalah hal pertama yang akan dinilai oleh orang. Contohnya sederhana, cukup denga senyum ramah ke tetangga yang kita temui dilingkungan tempat tinggal baru, bikin kita lebih muda dikenal dan dihafal. Yup, sopan santun adalah salah sikap baik yang bisa kita tunjukkan untuk menghormati orang.
  3. Agar orang lain pun menghormati kita. Ada sikap buruk yang direspon dengan sikap baik. Tapi lebih banyak sikap buruk yang ditanggapi dengan sikap yang buruk pula. Inilah yang jadi alasan kenapa kita harus bersikap baik dan sopan. Kalau ingin orang lain menghargai kita, maka kita juga harus menghargai mereka dong. Coba saja, saat kita mau komplain tentang sesuatu, kalau disampaikan dengan ramah, pihak yang dikomplain pasti akan merespon dengan baik. Beda kalau kita komplain sambil marah-marah.
  4. Norma sosial. Harus diakui, bahwa ada aturan tak tertulis di dalam mayarakat bahwa kita harus menjaga sikap dan tingkah laku dengan sopan. Siap-siap menerima tatapan aneh bahkan diskriminasi perlakuan kalau kita ngak bisa menjaga sikap di tengah lingkungan pergaulan yang terdiri dari berbagai macam orang itu. Bayangkan, apa yang akan dibicarakan oleh teman sekelas saat mereka melihat kita, seorang cewek duduk mengangkang?

Kamis, 10 Maret 2011

Cantik Dengan Sebutir Telur


MASKER WAJAH

Bahan :
Satu butir telur
Tiga buah Strawberry segar

Cara Membuat :
  1. Pisahkan kuning dan putih telur
  2. Hancurkan 3 butir strawberry dengan garpu
  3. campurkan strawberry yang telah dihancurkan dengan putih telur
  4. oleskan campuran tersebut pada wajah

Tunggu hingga 15menit lalu bilas bersih. Lakukan rutin untuk wajah yang lebih cerah dan kencang.



CONDITIONER RAMBUT

Cara Membuat :
  1. Campur kuning telur dengan sesendok madu
  2. Oleskan pada ujung rambut, tutup dengan shower cap, diamkan 15menit.
  3. bilas rambut dengan air hingga bersih, maka rambut akan menjadi lembut

THE TRUTH ABOUT ACNE


¤ What is acne ?
Sebenarnya apa sih jerawat itu? Nah, untuk kamu yang belum tahu, jerawat adalah suatu kondisi kulit yang tidak normal dimana terjadi infeksi dan radang pada kelenjar diminyak pada kulit manusia. Biasanya minyak dan lapisan kulit mati yang tidak dibersihkan akan menyumbat pori-pori dan membentuk komedo. Komedo dapat menjadi radang jika terkontaminasi bakteri propionibacterium acnes (p acnes). Radang itulah yang disebut jerawat. Jerawat tidak hanya bisa muncul diwajah saja namun juga bagian lain seperti punggung, dada, lengan, kaki, dll. Fyi, jerawat juga bisa menyerang siapa aja lho, ngak Cuma kaum remaja. Bagii mereka yang aktif bekerja di daerah yang berdebu, males mencuci muka dan kulit berminyak, juga bisa menyebabkan munculnya jerawat di wajah, lho !

¤  Top Acne Causes !
  • Adanya sumbatan lapisan kulit mati pada pori-pori yang terinfeksi
  • Produksi kelenjar minyak terlalu aktif
  • Adanya faktor genetik turunan orangtua
  • Hormonal activity, such as menstrual cycles and puberty
  • Skin irritation
  • Sering banget stress dalam menghadapip suatu masalah, just relax girls !
  • Pilihlah kosmetik yang sesuai dengan jenis kulit wajah kamu
  • Kebersihan kulit harus selalu dijaga, jangan males mencuci muka ! karena kuman jerawat gampang nempel di wajah kita

¤ Secret of having a clean face ...
  • Bersihkan wajah secara rutin, khususnya setelah beraktivitas diluar ruangan
  • Kenali jenis kulit kita sebelum memilih sabun dan pembersih wajah
  • Gunakan pembersih wajah yang bebas detergen. Kalau wajah tipe berminyak, pakai pembersih wajah yang mengandung benzoil peroxide
  • Jangan lupa memakai pelembab yang bebas sun screen diseluruh wajah terlindung dari sinar matahari langsung
  • Gunakan obat jerawat yang mengandung benzoil peroxide dan clindamycin
  • Jangan menunggu wajah bermasalah untuk melakukan perawatan 
Acne prevention TIPS ! 
Tampilan muka dan wajah memang akan sangat terganggu dengan adanya jerawat, belum lagi ketika jerawat sudah mulai menghilang yang akan meninggalkan bekas-bekas noda hitam diwajah. Biar ngak jerawatan, caranya gampang kok! Hindari deh polusi saat berada diluar ruangan dengan memakai penutup wajah saat berkendara. Ingat! Jauhi makanan pedas dan berlemak serta minuman beralkohol. Jangan memencet jerawat sendiri, selain bisa meninggalkan bekas diwajah, tangan kamu pun belum tentu bersih, jerawat bisa numbuh lagi deh. Rajin berolahraga, karena berolahraga itu bisa membuat pori-pori ditubuh sehingga kotoran lebih mudah keluar dari pori-pori wajah. Yang paling penting! Obati jerawat kamu yang ngak kunjung sembuh ke dermatologist ya. Disitu kamu bakal menerima terapi personal dari dermatologist yang pastinya sudah paham banget mengenai permasalahan kulit wajah kamu. Untuk hasil yang maksimal perlu adanya kerjasama antara kamu dan dermatologist kamu! So, just leave it to the expert, cause they know that your problem is ..

    Minggu, 06 Maret 2011

    Aneka Produk Dari Kekayaan Alam Indonesia.


    Indonesia memiliki potensi kekayaan alam yang kaya raya,beragam dan patuh dibanggakan, mulai dari kekayaan hutan, perkebunan,kelautan, barang-barang tambang, dan lainnya yang bisa dimanfaatkan untuk kesejahteraan  masyarakat.

    Dari kesadaraan akan kekayaan inilah, Di Trade Expo Indonesia (TEI) Ke-24, 2009 ini akhirnya banyak muncul UKM (Usaha Kecil Menengah) yang mencoba untuk mengolah dan memanfaatkan menjadi produk-produk yang bisa menguntungkan masyarakat sekitar tanpa mencoba untuk merusak.

    Untuk bisa mencapai kesejahteraan bersama perlu diingat bahwa yang dibutuhkan adalah pemanfaatan dan pengembangan sumber daya alam yang dikelola dengan benar sehingga bisa meningkatkan taraf hidup masyarakat dan membuat Indonesia jadi bangsa yang besar dari produk hasil kekayaan alam sendiri. Dan yang lebih membanggakan lagi, jika dari Pameran Trade Expo 2009 ini kita bisa membuat bangsa lain mencintai produk Indonesia.

    Contoh : “Batik Tulis”

    Batik Kekayaan Indonesia

    Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya “Batik Cap” yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini.

    Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

    Batik dari sisi cara pembuatannya dibagi 4 yaitu batik tulis, batik cap, batik cetak dan batik print. Batik cap menggunakan alat dari tembaga yang telah dipola dan nanti akan diceplok-ceplokkan ke atas kain yang telah disiapkan, batik cetak menggunakan alas (terpal/plastik) yang telah dipola yang nantinya akan dilekatkan ke kain yang telah disiapkan. Batik print menggunakan pola yang digambar di komputer, menyiapkan printer, tinggal enter, maka kain akan langsung dicetak dengan motif yang diinginkan (hmm…ternyata ini yang membunuh para perajin batik tradisional). Batik tulis seperti yang telah ditulis diawal, dipola, digambar, diwarnai semuanya secara manual menggunakan tangan dan digambar dengan sepenuh jiwa, maka tidak heran, seorang profesional pun hanya mampu menghasilkan satu lembar kain batik tulis (225 x 110 cm) paling cepat dalam waktu 1 minggu.

    Batik lain adalah batik Lasem. Kota kecamatan Lasem terletak 12 km arah timur Ibukota Kabupaten Rembang berbatasan dengan Laut Jawa sebelah Utara. BatikLasem bercorak khas dengan warna merah darah ayam yang konon tidak dapat ditiru oleh pembatik dari daerah lain. Kekhasan lain Batik Lasem ini terletak pada coraknya yang merupakan gabungan pengaruh budaya Tionghoa, budaya lokal masyarakat pesisir utara Jawa Tengah serta Budaya Keraton Solo dan Yogyakarta.
    Berbeda lagi dengan batik madura, Batik Madura banyak diminati dan digemari oleh konsumen lokal dan interlokal. Dengan bentuk dan motif yang khas. Batik Madura mempunyai keunikan tersendiri bagi para konsumen Pecinta batik. Corak dan ragamnya yang unik dan bebas, sifat produksinya yang personal (dikerjakan secara satuan), masih mempertahankan cara-cara tradisional (ditulis dan diproses dengan cara-cara tradisional) dan senantiasa menggunakan bahan pewarna alami yang ramah lingkungan.

     

    Sejarah teknik batik

    Seni pewarnaan kain dengan teknik pencegahan pewarnaan menggunakan malam adalah salah satu bentuk seni kuno. Penemuan di Mesir menunjukkan bahwa teknik ini telah dikenal semenjak abad ke-4 SM, dengan diketemukannya kain pembungkus mumi yang juga dilapisi malam untuk membentuk pola. Di Asia, teknik serupa batik juga diterapkan di Tiongkok semasa Dinasti T'ang (618-907) serta di India dan Jepang semasa Periode Nara (645-794). Di Afrika, teknik seperti batik dikenal oleh Suku Yoruba di Nigeria, serta Suku Soninke dan Wolof di Senegal.. Di Indonesia, batik dipercaya sudah ada semenjak zaman Majapahit, dan menjadi sangat populer akhir abad XVIII atau awal abad XIX. Batik yang dihasilkan ialah semuanya batik tulis sampai awal abad XX dan batik cap baru dikenal setelah Perang Dunia I atau sekitar tahun 1920-an.
    Walaupun kata "batik" berasal dari bahasa Jawa, kehadiran batik di Jawa sendiri tidaklah tercatat. G.P. Rouffaer berpendapat bahwa tehnik batik ini kemungkinan diperkenalkan dari India atau Srilangka pada abad ke-6 atau ke-7. Di sisi lain, J.L.A. Brandes (arkeolog Belanda) dan F.A. Sutjipto (arkeolog Indonesia) percaya bahwa tradisi batik adalah asli dari daerah seperti Toraja, Flores, Halmahera, dan Papua. Perlu dicatat bahwa wilayah tersebut bukanlah area yang dipengaruhi oleh Hinduisme tetapi diketahui memiliki tradisi kuna membuat batik.

    G.P. Rouffaer juga melaporkan bahwa pola gringsing sudah dikenal sejak abad ke-12 di Kediri, Jawa Timur. Dia menyimpulkan bahwa pola seperti ini hanya bisa dibentuk dengan menggunakan alat canting, sehingga ia berpendapat bahwa canting ditemukan di Jawa pada masa sekitar itu. Detil ukiran kain yang menyerupai pola batik dikenakan oleh Prajnaparamita, arca dewi kebijaksanaan buddhis dari Jawa Timur abad ke-13. Detil pakaian menampilkan pola sulur tumbuhan dan kembang-kembang rumit yang mirip dengan pola batik tradisional Jawa yang dapat ditemukan kini. Hal ini menunjukkan bahwa membuat pola batik yang rumit yang hanya dapat dibuat dengan canting telah dikenal di Jawa sejak abad ke-13 atau bahkan lebih awal.

    Legenda dalam literatur Melayu abad ke-17, Sulalatus Salatin menceritakan Laksamana Hang Nadim yang diperintahkan oleh Sultan Mahmud untuk berlayar ke India agar mendapatkan 140 lembar kain serasah dengan pola 40 jenis bunga pada setiap lembarnya. Karena tidak mampu memenuhi perintah itu, dia membuat sendiri kain-kain itu. Namun sayangnya kapalnya karam dalam perjalanan pulang dan hanya mampu membawa empat lembar sehingga membuat sang Sultan kecewa. Oleh beberapa penafsir,who? serasah itu ditafsirkan sebagai batik.

    Dalam literatur Eropa, teknik batik ini pertama kali diceritakan dalam buku History of Java (London, 1817) tulisan Sir Thomas Stamford Raffles. Ia pernah menjadi Gubernur Inggris di Jawa semasa Napoleon menduduki Belanda. Pada 1873 seorang saudagar Belanda Van Rijekevorsel memberikan selembar batik yang diperolehnya saat berkunjung ke Indonesia ke Museum Etnik di Rotterdam dan pada awal abad ke-19 itulah batik mulai mencapai masa keemasannya. Sewaktu dipamerkan di Exposition Universelle di Paris pada tahun 1900, batik Indonesia memukau publik dan seniman.
    Semenjak industrialisasi dan globalisasi, yang memperkenalkan teknik otomatisasi, batik jenis baru muncul, dikenal sebagai batik cap dan batik cetak, sementara batik tradisional yang diproduksi dengan teknik tulisan tangan menggunakan canting dan malam disebut batik tulis. Pada saat yang sama imigran dari Indonesia ke Persekutuan Malaya juga membawa batik bersama mereka.

     

    Budaya batik

    Batik adalah kerajinan yang memiliki nilai seni tinggi dan telah menjadi bagian dari budaya Indonesia (khususnya Jawa) sejak lama. Perempuan-perempuan Jawa di masa lampau menjadikan keterampilan mereka dalam membatik sebagai mata pencaharian, sehingga di masa lalu pekerjaan membatik adalah pekerjaan eksklusif perempuan sampai ditemukannya "Batik Cap" yang memungkinkan masuknya laki-laki ke dalam bidang ini. Ada beberapa pengecualian bagi fenomena ini, yaitu batik pesisir yang memiliki garis maskulin seperti yang bisa dilihat pada corak "Mega Mendung", dimana di beberapa daerah pesisir pekerjaan membatik adalah lazim bagi kaum lelaki.

    Tradisi membatik pada mulanya merupakan tradisi yang turun temurun, sehingga kadang kala suatu motif dapat dikenali berasal dari batik keluarga tertentu. Beberapa motif batik dapat menunjukkan status seseorang. Bahkan sampai saat ini, beberapa motif batik tadisional hanya dipakai oleh keluarga keraton Yogyakarta dan Surakarta.

    Batik merupakan warisan nenek moyang Indonesia ( Jawa ) yang sampai saat ini masih ada. Batik juga pertama kali diperkenalkan kepada dunia oleh Presiden Soeharto, yang pada waktu itu memakai batik pada Konferensi PBB.

    Corak batik

    Ragam corak dan warna Batik dipengaruhi oleh berbagai pengaruh asing. Awalnya, batik memiliki ragam corak dan warna yang terbatas, dan beberapa corak hanya boleh dipakai oleh kalangan tertentu. Namun batik pesisir menyerap berbagai pengaruh luar, seperti para pedagang asing dan juga pada akhirnya, para penjajah. Warna-warna cerah seperti merah dipopulerkan oleh Tionghoa, yang juga memopulerkan corak phoenix. Bangsa penjajah Eropa juga mengambil minat kepada batik, dan hasilnya adalah corak bebungaan yang sebelumnya tidak dikenal (seperti bunga tulip) dan juga benda-benda yang dibawa oleh penjajah (gedung atau kereta kuda), termasuk juga warna-warna kesukaan mereka seperti warna biru. Batik tradisonal tetap mempertahankan coraknya, dan masih dipakai dalam upacara-upacara adat, karena biasanya masing-masing corak memiliki perlambangan masing-masing.

    Cara pembuatan

    Semula batik dibuat di atas bahan dengan warna putih yang terbuat dari kapas yang dinamakan kain mori. Dewasa ini batik juga dibuat di atas bahan lain seperti sutera, poliester, rayon dan bahan sintetis lainnya. Motif batik dibentuk dengan cairan lilin dengan menggunakan alat yang dinamakan canting untuk motif halus, atau kuas untuk motif berukuran besar, sehingga cairan lilin meresap ke dalam serat kain. Kain yang telah dilukis dengan lilin kemudian dicelup dengan warna yang diinginkan, biasanya dimulai dari warna-warna muda. Pencelupan kemudian dilakukan untuk motif lain dengan warna lebih tua atau gelap. Setelah beberapa kali proses pewarnaan, kain yang telah dibatik dicelupkan ke dalam bahan kimia untuk melarutkan lilin.

    Jenis batik

    Menurut teknik

    • Batik tulis adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik menggunakan tangan. Pembuatan batik jenis ini memakan waktu kurang lebih 2-3 bulan.
    • Batik cap adalah kain yang dihias dengan teksture dan corak batik yang dibentuk dengan cap ( biasanya terbuat dari tembaga). Proses pembuatan batik jenis ini membutuhkan waktu kurang lebih 2-3 hari.
    • Batik lukis adalah proses pembuatan batik dengan cara langsung melukis pada kain putihPakmun (bicara)

     

    Menurut asal pembuatan

    Batik Jawa
    batik Jawa adalah sebuah warisan kesenian budaya orang Indonesia, khususnya daerah Jawa yang dikuasai orang Jawa dari turun temurun. Batik Jawa mempunyai motif-motif yang berbeda-beda. Perbedaan motif ini biasa terjadi dikarnakan motif-motif itu mempunyai makna, maksudnya bukan hanya sebuah gambar akan tetapi mengandung makna yang mereka dapat dari leluhur mereka, yaitu penganut agama animisme, dinamisme atau Hindu dan Buddha. Batik jawa banyak berkembang di daerah Solo atau yang biasa disebut dengan batik Solo.
                                       

     

    Hak-hak Konsumen


    Perlindungan Konsumen adalah segala upaya yang menjamin adanya kepastian hukum untuk memberikan perlindungan kepada konsumen
    Konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan/atau jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan diri sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan
    --Pasal 1 ayat 1 Undang-undang Perlindungan Konsumen
    Dasar Hukum Perlindungan Konsumen
    Tujuan Perlindungan Konsumen
    Azas Perlindungan Konsumen
    Hak-hak Konsumen
    Kewajiban Konsumen
    Konsumen Mandiri
    6 Waspada Konsumen

    Dasar Hukum Perlindungan Konsumen
    Pada hakekatnya, terdapat dua instrumen hukum penting yang menjadi landasan kebijakan perlindungan konsumen di Indonesia, yakni:
    Pertama, Undang-Undang Dasar 1945, sebagai sumber dari segala sumber hukum di Indonesia, mengamanatkan bahwa pembangunan nasional bertujuan untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Tujuan pembangunan nasional diwujudkan melalui sistem pembangunan ekonomi yang demokratis sehingga mampu menumbuhkan dan mengembangkan dunia yang memproduksi barang dan jasa yang layak dikonsumsi oleh masyarakat.
    Kedua, Undang-Undang No. 8 Tahun 1999 tentang Perlindungan Konsumen (UUPK). Lahirnya Undang-undang ini memberikan harapan bagi masyarakat Indonesia, untuk memperoleh perlindungan atas kerugian yang diderita atas transaksi suatu barang dan jasa. UUPK menjamin adanya kepastian hukum bagi konsumen.



    Tujuan Perlindungan Konsumen
    Sesuai dengan pasal 3 Undang-undang Perlindungan Konsumen, tujuan dari Perlindungan Konsumen adalah
    1.      Meningkatkan kesadaran, kemampuan dan kemandirian konsumen untuk melindungi diri,
    2.      Mengangkat harkat dan martabat konsumen dengan cara menghindarkannya dari ekses negatif pemakaian barang dan/atau jasa,
    3.      Meningkatkan pemberdayaan konsumen dalam memilih, menentukan dan menuntut hak-haknya sebagai konsumen,
    4.      Menciptakan sistem perlindungan konsumen yang mengandung unsur kepastian hukum dan keterbukaan informasi serta akses untuk mendapatkan informasi,
    5.      Menumbuhkan kesadaran pelaku usaha mengenai pentingnya perlindungan konsumen sehingga tumbuh sikap yang jujur dan bertanggungjawab dalam berusaha,
    6.      Meningkatkan kualitas barang dan/atau jasa yang menjamin kelangsungan usaha produksi barang dan/atau jasa, kesehatan, kenyamanan, keamanan dan keselamatan konsumen.



    Azas Perlindungan Konsumen
    1.      Asas Manfaat; mengamanatkan bahwa segala upaya dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen harus memberikan manfaat sebesar-besarnya bagi kepentingan konsumen dan pelaku usaha secara keseluruhan,
    2.      Asas Keadilan; partisipasi seluruh rakyat dapat diwujudkan secara maksimal dan memberikan kesempatan kepada konsumen dan pelaku usaha untuk memperoleh haknya dan melaksanakan kewajibannya secara adil,
    3.      Asas Keseimbangan; memberikan keseimbangan antara kepentingan konsumen, pelaku usaha, dan pemerintah dalam arti materiil ataupun spiritual,
    4.      Asas Keamanan dan Keselamatan Konsumen; memberikan jaminan atas keamanan dan keselamatan kepada konsumen dalarn penggunaan, pemakaian dan pemanfaatan barang dan/atau jasa yang dikonsumsi atau digunakan;
    5.      Asas Kepastian Hukum; baik pelaku usaha maupun konsumen mentaati hukum dan memperoleh keadilan dalam penyelenggaraan perlindungan konsumen, serta negara menjamin kepastian hukum.



    Hak-hak Konsumen
    Sesuai dengan Pasal 5 Undang-undang Perlindungan Konsumen, Hak-hak Konsumen adalah :
    1.      Hak atas kenyamanan, keamanan dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa;
    2.      Hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang dan/atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan;
    3.      Hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa;
    4.      Hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang dan/atau jasa yang digunakan;
    5.      Hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut;
    6.      Hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen;
    7.      Hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif;
    8.      Hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi/penggantian, apabila barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya;
    9.      Hak-hak yang diatur dalam ketentuan peraturan perundang-undangan lainnya.



    Kewajiban Konsumen
    Sesuai dengan Pasal 5 Undang-undang Perlindungan Konsumen, Kewajiban Konsumen adalah :
    1.      Membaca atau mengikuti petunjuk informasi dan prosedur pemakaian atau pemanfaatan barang dan/atau jasa, demi keamanan dan keselamatan;
    2.      Beritikad baik dalam melakukan transaksi pembelian barang dan/atau jasa;
    3.      Membayar sesuai dengan nilai tukar yang disepakati;
    4.      Mengikuti upaya penyelesaian hukum sengketa perlindungan konsumen secara patut.



    Konsumen Mandiri
    Ciri Konsumen Mandiri adalah :
    1.      Sadar akan harkat dan martabat konsumen, mampu untuk melindungi diri sendiri dan keluarganya;
    2.      Mampu menentukan pilihan barang dan jasa sesuai kepentingan, kebutuhan, kemampuan dan keadaan yang menjamin keamanan, keselamatan, kesehatan konsumen sendiri;
    3.      Jujur dan bertanggungjawab;
    4.      Berani dan mampu mengemukakan pendapat, serta berani memperjuangkan dan mempertahankan hak-haknya;
    5.      Berbudaya dan sadar hukum perlindungan konsumen;



    6 Waspada Konsumen
    1.      Krisis terhadap iklan dan promosi dan jangan mudah terbujuk;
    2.      Teliti sebelum membeli;
    3.      Biasakan belanja sesuai rencana;
    4.      Memilih barang yang bermutu dan berstandar yang memenuhi aspek keamanan, keselamatan,kenyamanan dan kesehatan;
    5.      Membeli sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan;
    6.      Perhatikan label, keterangan barang dan masa kadaluarsa;

    Telaah -- Hak-Hak Dasar Konsumen Perlu Sosialisasi Berkesinambungan

    Banyak sekali melalui media cetak atau elektronika muncul protes dari kalangan masyarakat konsumen dan pengguna jasa bank, pelayanan publik, transportasi dan pariwisata, karena dirugikan dalam mutu yang dijanjikan membeli produk atau jasa dan menunut hak sebagai konsumen produk atau jasa.

    Tuntutan hak mereka yang dirugikan, ada yang ditanggapi secara profesional, namun ada pula yang ditanggapi dengan kurang menghargai konsumen. Oleh karena itu, saatnya pelaku ekonomi, termasuk jasa bank, pariwisata, bersama YLKI (Yayasan Lmbaga Konsumen Indonesia) belajar kembali dan menerapkan dalam praktik sehari-hari untuk mengutamakan konsumennya. Proses tersebut perlu digulirkan secara berkesinambungan sampai ke daerah terpencil.

    Dalam perjalanan waktu aturan perlindungan konsumen diperkuat dengan Undang Undang Perlindungan Konsumen (UUPK) yang tertuang tentang Undang Undang Perlindungan Konsumen pada tanggal 20 April 2000. Hak-hak konsumen di Indonesia dengan mengacu pada UUPK tersebut diakui sebagai berikut :

    1. hak atas kenyamanan, keamanan,dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan/atau jasa.

    2.hak untuk memilih barang dan/atau jasa serta mendapatkan barang sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan.

    3. hak atas informasi yang benar, jelas dan jujur mengenai kondisi dan jaminan barang dan/atau jasa tersebut.

    4.hak untuk didengar pendapat dan keluhannya atas barang/dan atau jasa yang digunakan.

    5.hak untuk mendapatkan advokasi, perlindungan, dan upaya penyelesaian sengketa perlindungan konsumen secara patut.

    6.hak untuk mendapat pembinaan dan pendidikan konsumen

    7.hak untuk diperlakukan dan dilayani secara nebar dan jujur serta tidak diskriminatif

    8.hak untuk mendapat dispensasi,ganti rugi, dan/atau penggantian barang dan/atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana semestinya dan

    9.hak hak yang diatur dalam kenentuan peraturan perundang undangan yang lain.

    Kesembilan hak konsumen tersebut yang makin perlu secara kontinu disosialisasikan kembali oleh pebisnis bersama media, YLKI, penegak hukum, pengacara, dan pengamat, terutama di daerah, agar tetap sadar adanya hak-hak konsumen yang terhitung "demand side" dari perekonomian, yakni masyarakat konsumen dan umum. Makin sadar akan hak dan kewajiban kedua pihak, "supply side" dan "demand side", maka semakin berbudaya kehidupan bangsa ini.

    Sebagai bahan pembanding, yang pernah dijadikan referensi Lembaga Konsumen negeri ini, adalah hak-hak dasar umum yang diakui secara internasional. Hak-hak tersebut pertama kali disuarakan oleh John F. Kennedy, Presiden Amerika Serikat (AS), pada tanggal 15 Maret 1962 melalui "A special Message for the Protection of Consumer Interest" yang dalam masyarakat internasional lebih dikenal dengan "Declaration of Consumer Right".
    Dalam literatur umumnya disebut "empat hak dasar konsumen" (the four consumer basic rights). Hak-hak dasar yang dideklarasikan meliputi:

    1.Hak untuk mendapat/memperoleh keamanan (the right to safety). Konsumen memiliki hak untuk memperoleh perlindungan atas keamanan produk dan jasa. Misalnya, makanan dan minuman yang dikonsumsi harus aman bagi kesehatan konsumen dan masyarakat umumnya. Produk makanan yang aman berarti produk tersebut memiliki standar kesehatan, gizi dan sanitasi serta tidak mengandung unsur yang dapat membayakan manusia baik dalam jangka pendek maupun panjang. Di AS hak ini merupakan hak pertama dan tertua serta paling tidak kontroversial karena hak ini didukung dan disetujui oleh kalangan bisnis dan konsumen atau yang dikenal sebagai pemangku kepentingan (stake holders).

    2. Hak untuk memilih (the right to choose). Konsumen memiliki hak untuk mengakses dan memilih produk/jasa pada tingkat harga yang wajar. Konsumen tidak boleh ditekan atau dipaksa untuk melakukan pilihan tertentu yang akan merugikan dirinya. Jenis pasar yang dihadapi konsumen akan menentukan apakah konsumen bebas memilih atau tidak suka membeli produk atau jasa tertentu. Namun, dalam struktur pasar monopoli, konsumen dan masyarakat umum digiring berada dalam posisi yang lemah dengan resiko mengalami kerugian bila tidak memilih atau membeli produk dan jasa dari kaum monopolis.

    3. Hak untuk memperoleh informasi (the right to be informed). Konsumen dan masyarakat memiliki hak untuk memperoleh informasi yang sejelas jelasnya tentang suatu produk/jasa yang dibeli atau dikonsumsi. Informasi ini diperlukan konsumen atau masyarakat, agar saat memutuskan membeli tidak terjebak dalam kondisi resiko yang buruk yang mungkin timbul. Artinya, konsumen memiliki hak untuk mengetahui ciri/atribut negatif dari suatu produk, misalnya efek samping dari mengkonsumsi suatu produk, dan adanya peringatan dalam label/kemasan produk.

    4. Hak untuk didengarkan (right to be heard). Konsumen memiliki hak untuk didegarkan kebutuhan dan klaim, karena hak ini terkait dengan hak untuk memperoleh informasi.
    Walaupun perlindungan konsumen sudah diatur oleh UUPK. Namun, masih ada saja pelaku pe-bisnis manufaktur, distribusi, dunia perbankan dan jasa lainnya acap kali tidak berorientasi pada konsumen dan atau membiarkan bawahan atau cabang atau penyalur mencari lubang ketidaktahuan konsumen tentang hak hak konsumen yang sengaja ditutupi tutupi demi memperoleh laba .

    Perlindungan konsumen

    Perlindungan konsumen adalah perangkat hukum yang diciptakan untuk melindungi dan terpenuhinya hak konsumen. Sebagai contoh, para penjual diwajibkan menunjukkan tanda harga sebagai tanda pemberitahuan kepada konsumen.

    Perangkat hukum

    Indonesia

    UU Perlindungan Konsumen Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen Republik Indonesia menjelaskan bahwa hak konsumen diantaranya adalah hak atas kenyamanan, keamanan, dan keselamatan dalam mengkonsumsi barang dan atau jasa; hak untuk memilih barang dan atau jasa serta mendapatkan barang dan atau jasa tersebut sesuai dengan nilai tukar dan kondisi serta jaminan yang dijanjikan; hak untuk diperlakukan atau dilayani secara benar dan jujur serta tidak diskriminatif; hak untuk mendapatkan kompensasi, ganti rugi dan atau penggantian, apabila barang dan atau jasa yang diterima tidak sesuai dengan perjanjian atau tidak sebagaimana mestinya; dan sebagainya.
    Di Indonesia, dasar hukum yang menjadikan seorang konsumen dapat mengajukan perlindungan adalah:
    • Undang Undang Dasar 1945 Pasal 5 ayat (1), pasal 21 ayat (1), Pasal 21 ayat (1), Pasal 27 , dan Pasal 33.
    • Undang Undang No. 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen (Lembaran Negara Republik Indonesia tahun 1999 No. 42 Tambahan lembaran Negara Republik Indonesia No. 3821
    • Undang Undang No. 5 tahun 1999 Tentang Larangan Praktek Monopoli dan Persaingan Usaha Usaha Tidak Sehat.
    • Undang Undang No. 30 Tahun 1999 Tentang Arbritase dan Alternatif Penyelesian Sengketa
    • Peraturan Pemerintah No. 58 Tahun 2001 tentang Pembinaan Pengawasan dan Penyelenggaraan Perlindungan Konsumen
    • Surat Edaran Dirjen Perdagangan Dalam Negeri No. 235/DJPDN/VII/2001 Tentang Penangan pengaduan konsumen yang ditujukan kepada Seluruh dinas Indag Prop/Kab/Kota
    • Surat Edaran Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri No. 795 /DJPDN/SE/12/2005 tentang Pedoman Pelayanan Pengaduan Konsumen